Kamis, 07 April 2011

Mengapa Asuransi


Jika Anda ikut asuransi, Anda harus membayar premi asuransi setiap bulannya. Ini terlihat seperti uang hilang. Namun jika suatu saat terjadi sesuatu terhadap kesehatan Anda, maka biaya pengobatan Anda akan ditanggung.
Jika Anda tidak ikut asuransi, berarti pengeluaran Anda tiap bulan tidak berkurang. Jika suatu waktu Anda terkena salah satu daripada penyakit parah/kritis yang menghabiskan biaya puluhan bahkan ratusan juta rupiah, maka anda akan menanggung biaya pengobatan sendiri yg artinya anda telah menjadi perusahaan asuransi bagi diri anda sendiri.
Karena premi yang Anda bayarkan tiap bulan sebenarnya bukan uang hilang. Melainkan, premi tersebut merupakan expense yang memang harus dikeluarkan setiap bulannya. Konsep seperti ini sudah sangat umum di negara luar seperti Amerika dan negara-negara maju di Eropa. Itulah sebabnya kesehatan penduduknya terjamin.
Sedangkan kita di Indonesia? Mayoritas penduduk masih menganggap asuransi sebagai hal yang “tidak perlu”. Akibatnya, begitu terjadi suatu musibah, keluarga akan kelabakan mencari dana. Hutang sana-sini, jual ini-itu. Hal seperti ini tidak akan terjadi jika mengikuti asuransi, karena perusahaan asuransi yang akan membayar, bukan Anda.
Nah saran saya, sebaiknya Anda mengikuti asuransi, karena selain menabung Anda juga melindungi keluarga anda dan juga melindungi nilai ekonomi anda bila terjadi sesuatu. Asuransi dibeli bukan karena yg membeli akan segera meninggal tapi untuk berjaga jaga kalau terjadi musibah karena keluarga yang ditinggalkan harus melanjutkan Hidup.
Pikiran tenang, kesehatan terjamin, hidup lebih bahagia.

1 komentar: